UIN KHAS Jember Jajaki Kerja Sama Kelembagaan dengan Kampus Eropa

Tim UIN KHAS Jember jajaki kerja sama dengan kampus di Eropa

Belanda (Kemenag) — Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember menjajaki kerja sama dengan sejumlah perguruan tinggi dan lembaga di Eropa. Penjajakan ini dilakukan oleh Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan Prof. Dr M. Khusna Amal bersama Dekan Fakultas Syariah Dr. Wildani Hefni.

Keduanya berangkat ke Eropa dalam rangka melaksanakan program bantuan penelitian kolaborasi internasional dengan biaya dari Kementerian Agama RI.

Prof Khusna Amal dan Dr Wildan melakukan kajian risetnya di Eropa berjudul Becoming Part of an Ideological Community or European Citizen? The Dynamics and Problems of Muslim Identity Politics in Europe.

Di sela-sela melakukan riset, keduanya menjajaki peluang sinergi kelembagaan dengan beberapa kampus di Belanda, Belgia, Jerman, dan Prancis. Di Belanda, kerja sama dibahas dengan Radboud University Nijmegen, Leiden University, Utrecht University, dan Vrije Universiteit Amsterdam.

Rencana kerja sama juga dibahas dengan pihak University of Antwerp dan KU Leuven (Belgia), University of Cologne dan University of Bonn (Jerman), serta University of Paris 1 Pantheon-Sorbonne dan École Normale Supérieure de Lyon (Perancis). Selain dengan perguruan tinggi, kerja sama juga dilakukan dengan PCINU Belanda dan PCINU Belgia.

Prof Khusna Amal mengungkapkan, kerja sama internasional sangat penting bagi pengembangan lembaga UIN KHAS Jember. “Kami berdiskusi panjang dengan beberapa pimpinan perguruan tinggi terkemuka di dunia untuk mematangkan peluang-peluang kerja sama, misalnya pertukaran pelajar, pertukaran dosen, magang, hingga joint research. Semua itu didesain sebagai terobosan penting menuju UIN KHAS Jember yang unggul dan kompetitif,” ungkap Prof M Khusna Amal, Jumat, (1/12/2023) saat berada di kampus Radboud University, Nijmigen, Belanda.

Hal senada disampaikan Dekan Fakultas Syariah Dr Wildan Hefni. Menurutnya, saat ini adalah era kolaborasi.

“Tren akademik dunia saat ini adalah kolaborasi. Karena itu, peluang kerja sama ini diharapkan dapat memperkuat reputasi akademik kampus UIN KHAS Jember di tingkat dunia. Disamping itu, juga untuk mengakselerasi kampus UIN KHAS Jember meraih akreditasi institusi unggul,” terang Dr Wildan.

Dekan Fakultas Syariah ini menambahkan bahwa pihaknya telah membincang kerjasama joint research dengan Radboud University dan Leiden University.

“Semoga nanti dapat direalisasikan kerja sama riset antara dosen Fakultas Syariah UIN KHAS dengan para akademisi di Belanda. Berikut juga peluang pertukaran pelajar dan pengiriman dosen, termasuk peluang beasiswa bagi alumni Fakultas Syariah UIN KHAS untuk melanjutkan studi di kampus-kampus terkemuka di dunia,” ungkap Dr Wildan Hefni yang merupakan alumni dari The Australian National University (ANU), Canberra Australia.

Sebagai informasi, kerjasama kelembagaan juga dilakukan dengan Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Belanda yang ditandatangani oleh Ketua Tanfidziyah PCINU Belanda Ahmad Afnan Anshori. Sedangkan dengan PCINU Belgia, ditandatangani oleh Ketua Tanfidziyah PCINU Belgia Miftahul Huda.

Terpisah, Rektor UIN KHAS Jember Prof Dr Hepni mengapresiasi prestasi para dosen yang mendapatkan bantuan penelitian maupun pengabdian kolaborasi internasional dari Diktis Kemenag RI. Pihaknya mendorong para dosen UIN KHAS Jember untuk aktif berkompetisi dalam hibah-hibah penelitian atau pengabdian baik dari Kemenag RI maupun dari lembaga lain.

“Saya sangat mengapresiasi prestasi para dosen yang mendapatkan bantuan penelitian maupun pengabdian kolaborasi internasional. Semoga bisa diikuti para dosen UIN KHAS yang lain. Prestasi tersebut telah membuka ruang yang sangat luas untuk mengakselarasi reputasi akademik dan kerjasama kelembagaan di tingkat internasional,” demikian apresiasi yang disampaikan Rektor UIN KHAS Jember.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *