Sembilan Kiai Berpengaruh Kawal Pasangan Ganjar-Mahfud pada Debat 1

Ada yang menarik dalam persiapan debat 1 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Selasa (12/12/2023) malam. Salah satunya di Tim Pemenangan Ganjar-Mahfud. Saat pasangan nomor urut 3 bakal ke KPU, sejumlah kiai turut mengantarkan mereka.

“Ini merupakan dukungan para kiai kepada Ganjar-Mahfud. Jika nanti pasangan ini menang diharapkan bisa mengawal program-program Pendidikan yang ada di pesantren,” kata M. Silahuddin anggota Direktorat Proyek Strategis TPN Ganjar-Mahfud, di Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Para kiai yang tampak turut mengantar itu adalah KH. Yasin Nawawi pengasuh pondok pesantren An-Nur Ngrukem Bantul, KH. Mahin Toha Pengasuh Ponpes Darussalam Lirboyo Kediri, dan KH. Ariman kiai sepuh dari Serang. Selain itu ada juga KH. RM. Sholeh Bajuri pengasuh Ponpes Nurul Anwar Lampung, KH. Abdul Hamid Wahid pengasuh Ponpes Nurul Jadid Probolinggo, serta KH. Ubaidillah Ruhiya pengasuh Ponpes Cipasung Tasikmalaya.

Sebenarnya, kata Silahuddin, akan ada lebih banyak kiai yang mengantarkan Mahfud, namun hanya sembilan kiai berkesempatan ikut mendampingi karena ada kegiatan lain sedang ibadah umrah, dan terbatasnya kuota penonton debat.

Menurut Silahuddin, salah satu dukungan dari para kiai tersebut karena Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren lahir di masa jabatan Mahfud MD sebagai Menko Polhukam.

Sekadar diketahui, Selasa malam, KPU menyelenggarakan debat pertama capres Pemilu 2024 dengan mengangkat tema pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Debat pertama diikuti tiga pasangan Capres yakni Anies Baswedan (nomor urut 1), Prabowo Subianto (nomor urut 2) dan Ganjar Pranowo (nomor urut 3). (faz)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *