Rekrutmen Bersama BUMN 2024 Buka Besok (23/3), Ada 1.000 Lebih posisi Tersedia

Penulis: Tiyas Septiana

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 –  Kabar baik bagi pencari kerja, Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) tahun 2024 akan dibuka besok, Sabtu 23 Maret 2024. 

Berdasarkan Live Konferensi Pers Rekrutmen Bersama BUMN melalui Instagram resmi Kementerian BUMN (22/3), pendaftaran dibuka hingga 1 April 2024. 

Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar, pendaftaran RBB 2024 akan dibuka tanggal 23 Maret 2024. 

Sedangkan pengumuman seleksi RBB tahun ini diperkirakan akan dirilis pada bulan Juli 2024. 

Terdapat lebih dari 100 instansi BUMN yang membuka lowongan di RBB tahun ini. Lowongan yang tersedia yakni sebanyak 688 lowongan dengan 1.830 posisi.

Baca Juga: BKN Pastikan Rekrutmen CPNS 2024 Mulai Mei, Cek Gaji PNS & PPPK 2024

Persyaratan umum Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Rekrutmen Bersama BUMN 2024 memiliki mekanisme yang hampir sama dengan mekanisme RBB tahun sebelumnya. 

Minimal pendidikan untuk RBB tahun ini adalah SMA/SMK/sederajat hingga Master atau S2. Adapun persyaratan usia untuk masing-masing jenjang pendidikan adalah: 

SMA/SMK/sederajat maksimal 25 tahun Diploma maksimal 27 tahun Sarjana atau S1 maksimal 30 tahun Master atau S2 maksimal 35 tahun

Selain itu, pelamar fresh graduate dan berpengalaman dapat mendaftar RBB tahun 2024. 

Pelamar disabilitas juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti seleksi Rekrutmen Bersama BUMN 2024 tentu dengan mekanisme yang berbeda dengan reguler dimana peserta disabilitas akan mendapatkan mekanisme yang memudahkan mereka.

Baca Juga: Lowongan Kerja BUMN Garuda Indonesia Terbaru 2024, Cek Syarat Daftarnya

Tahun ini terdapat beberapa tahapan yang akan dilalui oleh peserta seleksi yakni: 

Tes kemampuan dasar  Tes AKHLAK  Tes Bahasa Inggris  Tes wawasan kebangsaan Learning agility Tes kemampuan bidang di masing-masing instansi BUMN.

Menteri BUMN, Erick Thohir, mengutip dari situs resmi FHCI, menyampaikan tidak hanya induk/holding BUMN yang bergabung dalam RBB tahun ini, melainkan juga anak perusahaan, cucu perusahaan dan perusahaan afiliasi BUMN.

“Harapan saya, dengan scope penerimaan yang lebih besar, RBB dapat membuka lapangan kerja seluas-luasnya bagi putra-putri terbaik dan menciptakan talenta unggul bagi Bangsa,” ungkap Erick Thohir, dikutip dari situs FHCI

Mengingat periode pendaftaran yang cukup panjang yakni 10 hari hingga 1 April 2024, pelamar diimbau untuk tidak terburu-buru mendaftar. 

Anda bisa mempelajari dan memilih lowongan serta instansi BUMN yang ada di Rekrutmen Bersama BUMN 2024. 

Perlu diketahui bahwa seleksi RBB tidak dipungut biaya apapun sehingga pelamar diimbau untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengatasnamakan Rekrutmen Bersama BUMN atau Kementerian BUMN. 

Informasi lengkap tentang Rekrutmen Bersama BUMN 2024 bisa Anda lihat di Instagram resmi Kementerian BUMN atau FHCI BUMN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *