Presiden Argentina Tarik Permohonan Masuk BRICS

Javier Milei Presiden Argentina pada Jumat (29/12/2023) kemarin mengumumkan, negaranya tidak akan bergabung dengan blok Brazil, Rusia, India, China dan Afrika Selatan (BRICS).

“Pemerintah menilai tidak pantas jika Republik Argentina dimasukkan sepenuhnya sebagai anggota BRICS mulai Januari 2024,” kata Milei dilansir Antara, Sabtu (30/12/2023).

Dia menekankan bahwa keluar dari BRICS bukan berarti perdagangan tidak akan dilakukan dengan negara-negara anggota. Dia juga menekankan bahwa hubungan tersebut akan terus berlanjut.

Sementara itu, Argentina secara resmi memulai proses keanggotaan pada masa jabatan Alberto Fernandez mantan Presiden.

Milei mengatakan akan ada perubahan signifikan dalam kebijakan luar negeri, dan menginstruksikan pemutusan hubungan diplomatik dengan kediktatoran di Venezuela, Kuba dan Nikaragua.

Lebih lanjut, dilaporkan pula bahwa Argentina tidak akan mempertahankan kedutaan mereka di negara-negara tersebut selama masa jabatan Milei, dan menerapkan keputusan tersebut selama masa jabatannya.

Selama kampanye pemilihannya, Milei menyatakan niatnya untuk mengalihkan perdagangan ke poros PBB dan Israel, yang bertujuan untuk mengembangkan hubungan lebih dekat dengan negara-negara tersebut dalam berbagai aspek.

Diketahui, kelompok BRICS mencakup lebih dari 40 persen penduduk dunia dan lebih dari 30 persen produk domestik bruto (PDB) global. (ant/feb/iss)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *