Prabowo Tanya Solusi Pengangguran, Ganjar Siapkan Sekolah Vokasi

Jakarta

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto bertanya mengenai pengangguran. Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, berbicara mengenai sekolah vokasi.

Mulanya, dalam sesi tanya jawab antarcapres, Prabowo bertanya kepada Ganjar. Prabowo bertanya solusi dari Ganjar untuk mengatasi pengangguran.

“Bagaimana pemikiran bapak untuk mengatasi pengangguran yang masih banyak terutama lulusan sekolah dan sarjana yang belum tertampung, mungkin dari pengalaman bapak bisa memberikan pencerahan kepada kami,” ujar Prabowo di Gedung KPU, Menteng, Jakpus, Selasa (12/12/2023).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ganjar kemudian menjawab. Pertama, Ganjar menilai Indonesia perlu membuka ruang besar untuk investasi.

“Yang pertama adalah membuka ruang investasi yang cukup besar dengan cara memastikan penegakan hukum yang bisa berjalan dengan baik, kepastian hukumnya berjalan dengan baik, transparan, akuntabel, mudah, murah, dan cepat dalam sebuah layanan,” kata Ganjar.

Tanpa itu semua, investor akan minggat. Selanjutnya, SDM harus segera disiapkan. Sekolah vokasi, kata Ganjar, jadi jawabannya.

“Yang kedua ketika mereka (investor) datang, sudah masuk berinvestasi katakan pusat-pusat pertumbuhan sudah diberikan kepada mereka oleh pemerintah dengan fasilitasi kawasan industri umpama, intensif pajak umpama,” terang Ganjar.

“Ketika itu sudah berjalan pak, yang mesti disiapkan adalah SDM, ketangguhan SDM untuk menjemput itulah yang kita siapkan. Apa itu? Sekolah vokasi, nggak ada yang lain. Dan kemudian SDM itu lah yang bisa kita pastikan bahwa mereka sampai dengan 12 tahun mesti sekolah dan gratis inilah yang bisa kita dorong untuk kemudian mereka bisa naik,” lanjutnya.

(isa/dhn)

Pantau Pemilu

Cek rekam jejak, visi misi, profil, hingga berita terkini pasangan Capres dan Cawapres favoritmu di Pemilu 2024 sekarang!

Lihat

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *