Penemuan Potongan Payudara, Polisi Periksa Saksi dari Rumah Sakit Hingga Diduga Pemilik Organ

Polisi masih melakukan pemeriksaan beberapa saksi dari pihak rumah sakit hingga diduga pemilik organ usai penemuan potongan payudara di dermaga jet ski Adventure Land Romokalisari, Kamis (7/12/2023).

AKP Nurdianto Eko Wartono Kapolsek Benowo menyebut, pemeriksaan yang dimulai sejak kemarin, akan dituntaskan hari ini untuk memastikan kebenaran pemilik organ dan motif pembuangan.

“(Saksj yang diperiksa) yang menemukan dan melapor ke kami, keluarga yang diduga pemilik organ, yang memiliki (organ payudara), dan pihak rumah sakit. Hari ini lagi berlangsung semua,” paparnya dihubungi suarasurabaya.net, Sabtu (9/12/2023) malam.

Meski sudah mengantongi identitas diduga pemilik organ itu inisial ML warga NTT tapi tinggal di Surabaya, tapi Nurdianto menyebut polisi masih belum bisa memastikn kebenarannya sebelum proses pemeriksaan selesai.

“Kalau ternyata medis bukan, kan gak bisa menjawab juga. Jadi harus sinkron. Ini masih diduga pemilik atas nama ML itu. Kalau hasil medis punya dia, baru kami bisa bicara,” bebernya.

Pemeriksaan saksi ini untuk mengungkap motif pembuangan, dan pihak yang membuang. Pasalnya, potongan payudara yang terbungkus plastik itu seperti dibuang sengaja karena diletakkan dalam tas lengkap dengan pemberat.

“(Payudara) dibuang bukan terapung, tapi di dasar rawa. Dikasih pemberat itu pertama. Kedua, awalnya ngecek ada gak RS yang cocok dengan ini, ternyata ada, RS Muji Rahayu itu,” terangnya.

Kepastian itu baru bisa diungkap besok.

“Masih proses (pemeriksaan) kita tunggu besok ya. Karena ini terkait limbah rumah sakit ada SOP,” tambahnya.

Ia memastikan potongan payudara ini hasil dari operasi kanker.

“Kami pastikan ini hasil operasi kanker bukan mutilasi. Pemilik masih hidup,” tegasnya.

Jika proses pemeriksaan tuntas, berhasil mengungkap pemilik, pembuang, dan motif, maka baru ditentukan unsur pidana yang menjerat pelaku.

“Kami masih cari tahu motif di balik ini. Mungkin karena malu atau apa belum tahu. Benar asal punya ML ini apa bukan. Kalau ada unsur kesengajaaan atau unsur pidana baru masuk pasal ya,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, potongan sebagian payudara manusia ditemukan oleh sekumpulan anak-anak yang sedang mencari ikan di turunan dermaga jet ski Adventure Land Romokalisari, Kamis (7/12/2023) sekitar pukul 14.00 WIB. (lta/iss)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *