Mendagri Tito Harap Pembahasan RUU DKJ Tuntas Hari Ini

Jakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan pembahasan Rancangan Undang-undang DKJ akan dilanjutkan hari ini. Dia berharap pembahasan tahap 1 RUU itu dapat rampung hari ini.

“Pembahasan akan dilaksanakan hari ini. Mudah-mudahan saja selesai pada tingkat satunya, mudah mudahan selesai hari ini,” kata Tito kepada wartawan di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2024).

Tito mengatakan posisi pemerintah yang menolak aturan gubernur dan wakil gubernur ditunjuk langsung presiden dalam RUU DKJ. Pemerintah, kata Tito, ingin gubernur dan wakil gubernur dipilih lewat mekanisme pemilihan kepala daerah.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kemudian sudah banyak isu yang sudah disepakati dibahas. Jadi nanti kita ikuti saja, yang jelas posisi pemerintah adalah gubernur dan wakil gubernur DKI tetap seperti sekarang dipilih,” ujarnya.

Tito juga menjelaskan mengenai kawasan aglomerasi. Dia menilai perlu dilakukan harmonisasi dan evaluasi.

“Jakarta ini adalah suatu keniscayaan, sudah menjadi satu, tidak memiliki batas alam dengan wilayah sekitarnya. Sehinga banyak masalah-masalah bersama seperti masalah banjir, masalah transportasi, masalah sampah, polusi dan segala macam,” jelas Tito.

Dalam konteks kawasan aglomerasi, lanjut Tito, telah disepakati perihal pengembalian Dewan Aglomerasi. Dewan Aglomerasi bakal ditunjuk presiden dengan ketentuan penunjukannya diatur lebih lanjut melalui Keputusan Presiden.

“Singkat saja isinya, pasalnya, Dewan Aglomerasi akan ditunjuk oleh presiden dengan keputusan Perpres, udah singkat gitu aja. Seperti apa nanti komposisinya semua diserahkan pada presiden,” pungkasnya.

(ond/ygs) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *