Menag : Bangun Kapasitas itu Penting, Bangun Karakter Jauh Lebih Penting

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Foto: Nazar).

Jakarta (Kemenag) — Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa kapasitas dan karakter Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Agama harus terus dibangun sebagai upaya memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat.

Hal tersebut Menag utarakan dalam penutupan rangkaian kegiatan Diklat Peningkatan Kapasitas SDM Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Tingkat Nasional di Jakarta.

“Kapasitas itu penting, tapi karakter itu jauh lebih penting. Karakter melayani, karakter mengabdi, karakter anti korupsi, dan seterusnya itu juga perlu dibangun,” ungkap Menag, Jumat (1/12/2023).

“Basis karakter ini bisa membuat kita dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” lanjut pria yang akrab disapa Gus Men tersebut.

Lebih lanjut, Gus Men menjelaskan, ketika ingin melalukan pembenahan kapasitas dan kapabilitas manusia, harus dilakukan secara sungguh-sungguh dan tidak pernah bisa dilakukan dengan cara-cara yang instan.

“Peningkatan kapasitas itu adalah upaya yang life time, seumur hidup harus diusahakan, karena zaman dan teknologi itu terus berkembang,” jelas Gus Men.

Dirjen Pendidikan Islam Kemenag, Ali Ramdhani melaporkan, kegiatan diklat ASN ini telah dilaksanakan selama dua minggu sejak tanggal 14 November 2023 dan diikuti oleh 1.635 peserta.

“Setelah kurang lebih 2 minggu kita berkomitmen untuk meningkatkan kapasitas diri kita dan hari ini memasuki penutupan peningkatan ASN yang kemudian diberi tajuk Manifesto ASN peningkatan SDM di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam,” terang Ali.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *