Jelang Debat Capres, KPU RI Menggelar Gladi Resik

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, malam hari ini, Minggu (4/2/2024), akan menggelar Debat Pilpres 2024 seri kelima, di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Pusat.

Acara debat yang terbagi dalam enam segmen dengan durasi 150 menit termasuk jeda iklan, dijadwalkan mulai pukul 19.00 WIB.

Pantauan suarasurabaya.net di lokasi, sekitar dua jam menjelang pelaksanaan debat, KPU RI melakukan gladi resik, melibatkan para pihak yang terlibat dalam sesi acara.

Sementara, di area pintu masuk, massa pendukung tiga pasangan capres sudah berkumpul dan melakukan orasi.

Pendukung yang bisa masuk area debat dibatasi 75 orang per pasangan capres.

Untuk menjaga keamanan dan ketertiban, aparat keamanan gabungan dari Polri, TNI dan Pengamanan Dalam KPU RI bersiaga di sekitar lokasi.

Setiap orang yang mau masuk ke sekitar area debat harus mendapat kartu akses dari KPU RI.

Tema debat hari ini adalah kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

Format dan urutan segmen debat kelima sama dengan debat-debat sebelumnya.

Segmen pertama, penyampaian visi dan misi program kerja masing-masing capres. Prabowo Subianto capres nomor urut 2 mendapat kesempatan pertama.

Lalu, segmen kedua dan ketiga penyampaian pertanyaan yang sudah disusun panelis, lalu disampaikan moderator.

Segmen keempat dan kelima, capres punya kesempatan bertanya ke masing-masing capres lainnya, dan saling menanggapi.

Segmen terakhir, pernyataan penutup atau kesimpulan para capres. Di segmen penutup debat pamungkas, KPU RI memberikan waktu lebih banyak dari debat sebelumnya kepada setiap capres.

Seperti diketahui, KPU RI menjadwalkan lima kali debat Pilpres 2024, terdiri dari tiga kali debat capres, dan dua kali debat cawapres.

Debat capres-cawapres diadakan supaya publik mengetahui visi, misi, kualitas dan kapabilitas ketiga pasang calon pemimpin yang akan dipilih dan menjabat periode 2024-2029. (rid/ham)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *