IOC Izinkan Atlet Rusia dan Belarus Berkompetisi di Olimpiade Paris

Komite Olimpiade Internasional (IOC) memberi lampu hijau kepada atlet Rusia dan Belarus untuk tampil di Olimpiade 2024 di Paris sebagai partisipasi netral.

Dilansir dari Antara pada Sabtu (9/12/2023), IOC mengatakan jika saat ini hanya ada delapan atlet asal Rusia dan tiga atlet Belarus yang lolos sebagai atlet netral. Sementara itu, lebih dari 60 atlet Ukraina telah lolos ke Olimpiade Paris tahun depan.

Dewan eksekutif IOC memutuskan bahwa atlet netral perorangan yang telah lolos melalui sistem kualifikasi federasi internasional yang ada di lapangan, dinyatakan memenuhi syarat untuk bertanding di Olimpiade 2024 di Paris.

Namun, hanya jika mereka memenuhi persyaratan kelayakan yang ketat. Hal itu termasuk pengecualian tim atlet dengan paspor Rusia atau Belarus.

Adapun persyaratan lain termasuk pengecualian adalah atlet yang secara aktif mendukung perang serta atlet yang terikat kontrak dengan militer Rusia atau Belarus atau Badan Keamanan Nasional.

Selain itu, tidak ada bendera, lagu kebangsaan, warna, atau identifikasi lain apa pun dari Rusia atau Belarus yang akan ditampilkan di Olimpiade 2024 di tempat resmi atau acara resmi apa pun.

“Tidak ada pejabat pemerintah atau negara Rusia atau Belarus yang akan diundang atau diakreditasi untuk Olimpiade 2024.”

Diketahui, atlet dari Rusia dan Belarus telah menghadapi sanksi dari banyak cabang olahraga sejak Rusia melancarkan serangan ke Ukraina pada Februari 2022.

Namun, selama setahun terakhir sejumlah cabang olahraga Olimpiade telah melonggarkan pembatasan. Sehingga memungkinkan atlet dari kedua negara tersebut untuk kembali berkompetisi dalam kondisi tertentu. (ant/feb/saf/ipg)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *