Golkar Tak Keberatan Jika Ada Parpol Lain Gabung Koalisi Prabowo-Gibran

Jakarta

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka mengungkap sudah ada lebih dari satu partai politik (parpol) di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) bakal merapat. Golkar mengaku terbuka jika ada partai politik yang ingin bergabung.

“Silakan aja kalau ada teman-teman parpol, ada kader terbaik dari 01-03 kalau mau bergabung sama saya, saya akan menerima dengan terbuka,” kata Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia di DPP Golkar, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Doli mengatakan Golkar tidak keberatan jika memang ada beberapa partai yang akan bergabung. Sebab, katanya, itu merupakan kewenangan Prabowo-Gibran selaku presiden dan wakil presiden terpilih pada Pilpres 2024.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Golkar tidak keberatan, karena memang dari awal itu sudah dibicarakan. Kalau kita lihat kampanye atau statement-statement-nya Pak Prabowo itu kan jelas clear narasinya itu adalah narasi persatuan dan kesatuan bahkan secara eksplisit,” imbuhnya.

“Jadi mungkin kalau kemudian pembicaraan lebih lanjutnya (tentang penambahan partai) saya tidak tahu ya, dan itu saya kira memang itu ranahnya kewenangannya Pak Prabowo dan Mas Gibran,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

Meski begitu, Doli mengaku belum tahu siapa saja partai non koalisi yang dimaksud Gibran. Namun, ia mengatakan Golkar saat ini juga menjalin komunikasi dengan NasDem dan PKB.

“Saya belum tahu, saya belum tahu, ya, partai mana yang sudah berkomunikasi secara intensif ya, kalau berkomunikasi ditafsirkan untuk bicarakan soal gabung atau tidak ya dengan di pemerintahan,” ujarnya.

“Tapi kalau komunikasi selama ini, diskusi, kami sama bang Surya sering gitu ketemu gitu ya terus kemudian dengan teman-teman PKB juga saya sering diskusi gitu,” pungkasnya.

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka, mengungkap akan ada partai yang bergabung ke koalisinya usai dinyatakan menang Pilpres 2024. Dia menyebut ada lebih dari satu partai di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang akan bergabung ke pemerintahannya nanti.

“(Parpol di luar KIM gabung?) Sudah ada arah ke sana,” kata Gibran menjawab pertanyaan wartawan di Balai Kota Solo, dilansir detikJateng, Kamis (21/3/2024).

Saat ditanya lebih lanjut, apakah partai yang dimaksud ialah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan NasDem, Gibran enggan menjawab secara gamblang. Dia hanya menjawab ada lebih dari satu partai yang akan bergabung.

“Sudah ada arah ke sana, lebih dari satu partai. Wis tak bocori (sudah saya beri bocoran),” ucap Gibran.

(whn/whn) 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *