Dinas Koperasi Lamongan Gandeng Kasir Pintar Edukasi Pelaku UMKM Go Digital

jatim.jpnn.com, LAMONGAN – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan memberikan fasilitas bagi pelaku UMKM untuk bisa go digital dengan menggelar pelatihan BIMTEK-Literasi Digital Keuangan Usaha Mikro.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan Etik Sulistyani mengatakan para pelaku bisnis sudah banyak yang mulai memberikan promo spesial di bulan puasa.

Menurutnya, beberapa supermarket sudah mulai memproduksi berbagai macam hampers lebaran siap beli. Pelaku bisnis kue lebaran juga mulai membuka layanan pre-order untuk mengendalikan pesanan yang biasanya membludak menjelang hari raya.

Baca Juga:

“Persaingan bisnis makin ketat karena banyak pemain baru yang mencoba peruntungan di bulan Ramadan. Tentu akan sangat sulit, jika bisnis yang dimiliki tidak dipantau pergerakannya,” ujar Etik tertulis, Kamis (14/3).

Menurutnya, tak melulu tentang promosi yang strategis, tetapi amburadulnya pencatatan keuangan dan transaksi usaha menjadikan pelaku UMKM sering kesulitan mengetahui peningkatan bisnisnya.

“Kami menggandeng Kasir Pintar sebagai partner kasir digital bagi UMKM. Pelatihan ini dihadiri 75 orang. Mereka belajar mengenai pencatatan transaksi dan keuangan secara digital,” jelasnya.

Baca Juga:

Salah satu peserta bernama Enjang mengatakan dirinya kerap mencatat keuangan bisnis secara manual. Dia mengaku melihat teman yang lain sudah melakukannya secara digital, tetapi menurutnya hal itu ribet.

“Saya pernah lihat teman-teman lain pakai aplikasi, cuma kok kayaknya ribet. Makanya hari ini saya pengin belajar langsung biar tahu,” ucapnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *