4 Ikan Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi, Ikan Lele Masuk Daftar

Reporter: Grid.id | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KOLESTEROL TINGGI – Penderita kolesterol tinggi harus pintar-pintar menjaga pola makan sehari-hari.

Meskipun rutin mengonsumsi obat kolesterol, tapi apabila pola makan tidak diperhatikan, maka tetap akan ada risiko bagi kesehatan.

Meski tubuh secara alami bisa memproduksi kolesterol, tapi makanan yang dikonsumsi sehari-hari mempunyai pengaruh yang besar.

Jika kadar kolesterol tinggi dibiarkan begitu saja, maka risiko penyakit kardiovaskular akan semakin besar.

Ikan yang baiknya dipantang oleh penderita kolesterol tinggi

Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Tapi, bagi penderita kolesterol mengosumsi ikan tidak boleh sembarangan.

Beberapa jenis ikan mempunyai kandungan kolesterol yang tinggi, sehingga tidak boleh dimakan dalam porsi yang terlalu banyak.

Berikut ini adalah beberapa pantangan ikan bagi penderita kolesterol tinggi, yang sebaiknya dibatasi jumlah konsumsinya.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

1. Sarden

Pantangan ikan bagi penderita kolesterol tinggi yang lainnya adalah sarden. Pasalnya, jumlah kolesterol yang dimiliki ikan ini lebih besar dari salmon, yaitu sekitar 142 miligram.

Meski begitu, ikan ini sebenarnya bisa membantu menurunkan kolesterol total dalam darah, bila diolah dengan sehat.

Misalnya dengan membumbuinya lebih dulu dengan bawang putih cincang, minyak zaitun, dan perasan lemon. Masaklah dengan cara dipanggang, bukan digoreng.

2. Ikan kod

Pantangan ikan bagi penderita kolesterol yang lainnya adalah jenis ikan kod, karena kandungan kolesterolnya yang tinggi.

Ikan yang sering ditemukan di perairan Atlantik ini, untuk ukuran satu ons saja sudah mengandung sebanyak 17,3 miligram kolesterol.

Dengan fakta seperti itu, maka konsumsi ikan jenis ini pun sebaiknya mulai dibatasi agar kesehatan tidak terganggu.

Baca Juga: 5 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

3. Ikan lele

Selanjutnya, pantangan ikan bagi penderita kolesterol adalah lele. Padahal, lele sering sekali dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Namun, bagi yang mempunyai riwayat kolesterol tinggi sebaiknya dipertimbangkan. Mengutip dari laman nutritionix, dalam 100 gram ikan lele terdapat 66 miligram kolesterol.

Perhatikan lagi cara mengolahnya, sebaiknya jangan digoreng karena dapat membuat kadar lemak jenuhnya bertambah dan berisiko menyebabkan kenaikan kolesterol.

Itulah empat pantangan ikan bagi penderita kolesterol tinggi dan konsumsinya tidak boleh berlebihan. American Heart Association menyarankan untuk mengonsumsi ikan tersebut dua kali dalam satu minggu, dengan catatan diolah secara sehat.

4. Salmon

Dalam 100 gram ikan salmon, ternyata terkandung kolesterol yang cukup tinggi yakni sekitar 63 miligram. Selain itu, juga mengandung lemak jenuh sebesar 2,4 gram.

Ini bisa dimasukkan ke dalam kategori pantangan ikan bagi penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, lemak jenuh yang terlalu tinggi dapat membuat kadar kolesterol jahat (LDL) naik.

Akan tetapi, penderita kolesterol tinggi bukan berarti sama sekali tidak boleh makan ikan salmon. Jenis ikan ini tetap bisa dikonsumsi, asal tidak berlebihan dan diolah dengan benar.

Melansir Medical News Today, cara sehat untuk memasak ikan salmon adalah dengan direbus atau panggang di dalam oven dan dilapisi dengan kertas timah. Hindari penggunaan mentega, agar lemak jenuhnya tidak meningkat.

Baca Juga: 5 Manfaat Buah Zaitun Untuk Kesehatan Tubuh dan Kandungan Nutrisi Didalamnya

Artikel ini sudah tayang di Grid.id, berjudul: 4 Pantangan Ikan Bagi Penderita Kolesterol Tinggi, Konsumsinya Perlu Dibatasi

Penulis: Nurul Faradila

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *